Saturday, February 10, 2018

Penjelasan Lengkap Dasar-Dasar Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer dengan komunikasi antara mereka melalui media. Media komunikasi bisa melalui gelombang radio, kabel, inframerah, serat optik dll.

Jaringan komputer merupakan bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari, dengan alasan terpenting adalah komunikasi. Penggunaan jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya seperti mesin faks, printer, modem, file dll, dan kegunaan lainnya adalah server database, server komputer, email, chat, internet dll. Komputer tempat sumber daya dilampirkan disebut sebagai server dan komputer lain yang mengakses sumber daya disebut klien. Dalam jaringan komputer peer-to-peer tidak ada server.

Pembagian mesin faks, printer, dan modem di antara banyak komputer dan pengguna mengurangi biaya operasional. Database pada jaringan komputer merupakan aplikasi yang sangat penting karena menyimpan dan menyimpan banyak data dan pekerjaan penting. Email dan obrolan dapat digunakan untuk komunikasi seketika dan pengiriman file di jaringan komputer.

Penjelasan Tentang Dasar-dasar Jaringan Komputer



Penjelasan Lengkap Dasar-dasar Jaringan Komputer


Jaringan komputer diklasifikasikan, tergantung ukurannya, seperti Local Area Networks (LAN), Wide Area Networks (WAN), Metropolitan Area Networks (MAN) dan Personal Area Networks (PAN). Topologi (topologi adalah cara jaringan komputer dan sumber daya jaringan terhubung) dari jaringan dapat diklasifikasikan sebagai Bus Network, Ring Network dan Star Network.

Perangkat keras jaringan pada dasarnya terdiri dari kabel, kartu jaringan dan hub. Kartu jaringan komputer diperlukan agar satu komputer bisa mengerti apa komputer lain yang "berbicara". Kartu jaringan memiliki alamat MAC yang unik untuk mengidentifikasi komputer di jaringan komputer. Hub menghubungkan semua komputer di jaringan. Hub juga bisa digunakan untuk terhubung ke hub lain untuk meningkatkan ukuran jaringan komputer. Dua komputer dapat dihubungkan menggunakan kartu Ethernet atau saluran telepon atau kabel listrik untuk komunikasi, dengan perangkat keras yang tersedia dengan biaya sekitar $ 100.

Karena jumlah komputer di kantor atau rumah meningkat, begitu pula jumlah kabel, jadi jaringan nirkabel adalah solusi yang tepat. Dalam transreceivers radio jaringan nirkabel atau sinyal inframerah digunakan untuk berkomunikasi antara komputer dan perangkat. Contoh jaringan nirkabel termasuk teknologi Wi-fi dan Bluetooth, meskipun mungkin ada masalah keamanan yang terlibat dalam jaringan nirkabel. Namun, ada preferensi yang lebih kuat terhadap jaringan nirkabel saat ini di kalangan konsumen.

Jaringan komputer telah menambahkan dimensi baru ke abad ke-21. Saat ini dunia maya jauh lebih cepat dan lebih luas dari pada dunia nyata. Ini semua dimungkinkan karena jaringan komputer. Jaringan komputer telah merevolusi bisnis, komunikasi, perjalanan, penelitian, pertahanan, masyarakat dan hampir semua usaha manusia. Evolusi jaringan komputer telah membantu revolusi teknologi mengambil lompatan besar ke depan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon