Monday, February 5, 2018

Fungsi Operating Systems Pada Komputer

Tags

Sistem operasi pada komputer Anda memiliki banyak fungsi. Meskipun Anda mungkin tidak menyadari apa yang sebenarnya banyak atau benar-benar mereka lakukan, sistem operasi membantu Anda menavigasi komputer dengan lebih mudah dan memungkinkan Anda mengelola program dan fungsinya dengan sistem komputer itu sendiri.

Salah satu fungsi dari sistem operasi Anda adalah proses manajemen. Setiap program berjalan di komputer - entah itu di latar belakang atau latar depan - adalah sebuah proses. Umumnya hanya satu proses per CPU yang bisa berjalan pada satu waktu. Namun, beberapa proses dapat berjalan melalui multi-tasking yang memerlukan proses switching dengan sangat cepat. Sistem operasi membuat jenis multi-tasking ini mungkin dilakukan.


Fungsi Operating Systems pada Komputer

Fungsi kedua dari sistem operasi adalah manajemen memori. Memori komputer diatur secara hirarkis dengan register tercepat yang pertama diikuti oleh cache CPU, random access memory, dan kemudian disk storage. Manajer memori sistem operasi mengkoordinasikan penggunaan berbagai jenis memori ini dengan melacak yang mana yang tersedia, yang akan dialokasikan atau dialokasikan dan bagaimana memindahkan data di antara keduanya. Kegiatan ini, biasanya disebut sebagai manajemen memori virtual, meningkatkan jumlah memori yang tersedia untuk setiap proses dengan membuat penyimpanan disk tampak seperti memori utama.

Semua sistem operasi mencakup dukungan untuk berbagai sistem file yang membuat manajemen disk dan file menjadi fungsi penting lain dari sistem operasi Anda. Sebagian besar sistem file terdiri dari hirarki direktori. Idenya secara konseptual sama di seluruh sistem operasi, namun ada perbedaan. Perbedaan utama adalah karakter yang digunakan untuk memisahkan direktori dan case sensitivity.

Sebagian besar sistem operasi saat ini mampu menggunakan protokol jaringan TCP / IP. Ini berarti satu sistem dapat muncul di jaringan yang lain dan berbagi sumber daya seperti file, printer, dan pemindai menggunakan koneksi kabel atau nirkabel. Banyak sistem operasi juga mendukung satu atau lebih protokol jaringan warisan vendor yang spesifik. Itu membuat networking fungsi sistem operasi lain.

Keamanan merupakan masalah yang sangat penting bagi semua pengguna komputer. Fungsi keamanan sistem operasi Anda juga sangat penting bagi para pemrogram. Sistem akan sering menggunakan protokol allow / disallow ketika sistem lain mencoba mengakses sumber daya di komputer Anda. Yang lain lagi memerlukan penggunaan nama pengguna dan kata sandi agar sistem Anda tetap aman.

Ini hanya beberapa fungsi dari sebuah sistem operasi. Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan komputer Anda benar-benar merupakan rangkaian program yang canggih yang memungkinkan Anda melakukan sesuatu secara online sehingga Anda tidak dapat melakukannya tanpa sistem operasi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon