Monday, February 26, 2018

Cara Cepat Mengatasi Komputer Super Lemot Saat Dinyalakan

Tags

Beraktifitas dengan menggunakan komputer merupakan sebuah siklus yang sulit untuk dihindari karena dewasa ini peranan komputer begitu besarnya pada kehidupan kita. Tapi sayangnya, seringkali ada banyak masalah yang muncul pada saat kita mengoperasikan komputer tersebut seperti misalnya lemot pada saat dinyalakan. Seringkali start up windows yang hanya stuck di logo atau booting yang memakan waktu tidak normal membuat kita bad mood dan tidak bisa melakukan aktifitas dengan baik. Tentunya hal ini harus segera anda atasi.

Langkah Mudah Mengatasi Komputer Lemot ,Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi komputer atau Laptop yang lemot pada saat proses start up atau booting berlangsung. Jadi anda tidak usah terlalu terburu buru memanggil jasa servise sebelum mencoba beberapa hal ini. Jadi pastikan anda mempraktikkan cara cara di bawah ini terlebih dahulu untuk megatasinya

Tips dan Trik Cepat Mengatasi Komputer Super Lemot Saat Di nyalakan

Tips dan Trik Cepat Mengatasi Komputer Super Lemot Saat Di nyalakan


1.    Dengan Menggunakan Task Manager
 
Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi komputer yang lemot pada saat booting adalah dengan menggunakan Task Manager. Segera setelah windows masuk ke mode user, tekan Ctrl + Alt + Del. Sistem akan otomatis membawa anda ke interface task manager. Pilih beberapa aplikasi yang mungkin tidak terlalu bermanfaat dan klik end task. Cara ini disinyair cukup ampuh untuk mengatasi komputer yang lemot pada saat booting.

2.    Ms Config untuk mematikan Start Up yang tidak penting

Cara selanjutnya, anda bisa juga menggunakan fitur Ms Config sebagai solusi untuk mengatasi komputer yang lemot. Caranya cukup mudah, pertama tama, anda hanya perlu menekan Tombol berlogo windows + R dan sistem akan otomatis membawa anda ke menu Run. Anda juga bisa mengetikkan Run di kolom search di dekat tombol Start. Masukkan kkata “ms config” tanpa tanda kutip. Setelah menunya keluar klik start up. Disini anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan menu start up yang dirasa kurang penting.

Baca Juga :  
Cara Mengontrol Laptop Atau PC Dari Ponsel Android
Cara Stabilkan dan Mempercepat Koneksi Internet Di Komputer
 

3.    Mengosongkan Memory Hardisk

Seringkali ada banyak sekali file yang menumpuk di Hardisk kita hingga tak sadar kalau kapasitasnya sudah melebihi hardisk itu sendiri. Untuk mengatasinya, pastikan anda mengosongkan beberapa bagian dari hardisk tersebut dan menghapus beberapa file yang anda rasa kurag penting. Jika memang semua file tersebut merupakan file yang penting, anda bisa memindahkannya ke flashdisk atau ke hardisk eksternal sebagai solusinya.

4.    Scan Dengan Antivirus

Penyebab Komputer lemot saat booting selanjutnya adalah virus. Ini masalah yang seringkali terjadi. Untuk mengatasi hal ini anda hanya perlu mendownload antivirus dan meginstalkannya di komputer atau laptop anda. Setelah antivirus terinstal, anda bisa segera melakukan scanning untuk membabat semua virus yang mungkin ada di komputer anda dan menjadi pemicu terjadinya lemot pada PC yang anda miliki. Tapi sangat kami sarankan agar anda menggunakan Antivirus asli dan full version. Jangan menggunakan antivirus yang trial atau belum di aktivasi karena performanya tidak akan maksimal.

5.    Terlalu Banyak Aplikasi

Hal Terakhir yang seringkali menjadi penyebab komputer anda lemot pada saat dinyalakan adalah terlalu banyak program yang anda install di komputer anda. Tentunya ha ini akan membuat program tersebut saling rebutan memori. Terlebih jika mereka menjadi aplikasi start up. Sesuaikan kapasitas sotware yang anda instalkan dengan spesifikasi komputer yang anda miliki. Jika hal ini terjadi, segera uninstall beberapa aplikasi yang anda ras kurang bermanfaat. Jika memang diperlukan dengan sangat urgent, anda bisa menggunakan aplikasi portabel yang lebih ringan saja.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon