Tuesday, February 27, 2018

Langkah Mudah Mengatasi BlueScreen di Komputer Anda

Tags

Peranan komputer dalam kehidupan sehari hari tentunya sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan. Karenanya anda harus memahami dengan benar bagaimana cara mengoperasikan komputer ini beserta cara melakukan troubleshoot bilamana terjadi masalah pada saat anda mengoperasikannya. Tahukah anda, dari sekian banyak jenis masalah yang seringkali hinggap pada PC anda, salah satu hal yang paling sering terjadi adalah blue screen pada monitor di komputer anda. Seringkali kita menjadi panik pada saat melihat blue sreen seperti ini apalagi jika perkerjaan yang sedang kita lakukan belum tersimpan.

Sebelum kita membahas cara mengatasi blue screen ini, anda harus tahu beberapa pemicu terjadinya blue screen itu sendiri pastinya. Terjadinya blue screen biasanya dipicu oleh beberapa hal dibawah ini

Trik Dan Cara Memperbaiki Komputer BlueScreen


1.    Terjadinya error pada operating sistem
2.    Ada virus di komputer anda
3.    Kesalahan atau kerusakan Hardware
4.    Bad Sector pada hardisk

Untuk mengatasi terjadinya blue screen yang dipicu oleh beberapa hal di atas, pertama tama anda harus melakukan riset terlebih dahulu terkait apa penyebab utama dari terjadinya blue screen tersebut. Untuk mengetahuinya anda bisa mendownload aplikasi “BLUE SCREEN VIEW” dan menginstalnya di PC atau Laptop anda. Buka aplikasi ini dan segera ketahui apa penyebab terjadinya bluescreen di komputer anda.

Trik Dan Cara Memperbaiki Komputer BlueScreen


  Jika blue Screen terjadi karena OS yang Error
Jika blue screen terjadi karena alasan ini, anda harus melakukan repair windows dengan menggunakan CD asli nya. Maka secara otomatis file windows yang corrupt akan baik seperti semula dan secara otomatis bluescreen di Komputer anda bisa teratasi. Jika anda tidak memiliki CD Windows ini, anda bisa juga melakukan recovery option dengan melakukan sesi system restrore dimana komputer anda akan dibawa ke titik waktu yag sudah anda tentukan sebelumnya. Anda bisa juga melakukan Install Ulang jika kedua cara tersebut sudah tidak bisa dilakukan.

Jika Blue Screen terjadi karena Virus
Apabila blue screen terjadi karena virus, tentunya anda harus membereskan masalah ini dengan membasmi virusnya. Segera restart komputer anda dan jika sihda masuk ke dalam mode user. Segera instalkan antivirus dan lakukan scan secara menyeluruh terhadap semua data di komputer anda. Jika cara ini tidak berhasil, menginstall ulang komputer atau PC anda adalah solusi yang terbaik.
Jika Blue Screen terjadi karena kerusakan Hardware

Seringkali blue screen terjadi karena adanya kerusakan pada harware yang ada di dalam PC anda terutama Hardisk dan Mother Board. Jika hal ini terjadi, anda bisa dengan segera melakukan reparasi terhadap hardware tersebut. Jika memang diluar kemampuan anda, anda bisa  juga memanggil jasa service untuk mengatasinya. Jika blue screen ini terjadi pada hardisk, anda bisa mencabut kabel power pada hardisk anda dan kemudian menyambungkannya kembali. Lalu nyalakan kembali perangkat komputer anda. Tapi sayangnya cara ini sangat tidak direkomendasikan karena bisa merusak hardisk lebih jauh lagi.

Baca Juga : 
Cara Cepat Mengatasi Komputer Super Lemot Saat Dinyalakan
Cara Mudah Meningkatkan Keamanan Komputer Anda dalam 5 Menit

Jika Blue Screen terjadi karena hardisk bad sector
Jika blue screen terjadi karena halini, maka satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menginstal ulang windows di komputer anda setelah sebelumya anda mengatasi masalah bad sector tersebut untuk kembali memaksimalkan performa komputer anda. Tapi jika memang sudah tidak bisa diatasi, maka solusi terbaik adalah mengganti hardisk tersebut dengan hardisk yang masih normal lalu melakukan instal windows dari awal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon